Beranda blog

Pekan Penting! Pasar Finansial Bakal Guncang atau Terbang?

0
Bursa Efek Indonesia (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia – Kinerja pasar keuangan dalam negeri pada pekan lalu cukup positif, di mana Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan rupiah terpantau menghijau, namun untuk Surat Berharga Negara (SBN) terpantau melemah harganya. Pekan ini banyak data maupun event penting yang akan dirilis dari dalam dan luar negeri, yang bisa menentukan arah pasar ke depannya. Faktor-faktor tersebut dibahas pada halaman 3.

IHSG sepanjang pekan lalu tercatat menguat 0,35% secara point-to-point (ptp). Pada perdagangan Jumat (27/1/2023) pekan lalu, IHSG ditutup menguat 0,5% di posisi 6,898.98. 

Mengutip data bursa, pada pekan lalu, investor asing tercatat mengoleksi saham-saham di Tanah Air dengan catatan beli bersih (net sell) mencapai Rp 1,12 triliun di seluruh pasar.

Sedangkan untuk rupiah, sepanjang pekan lalu terpantau menguat 0,6% di hadapan dolar Amerika Serikat (AS) secara point-to-point (ptp).

Baca:

Dolar Eksportir Wajib Disimpan di RI, Ini Kata Bos BCA

Namun sayangnya pada perdagangan akhir pekan lalu, mata uang Garuda ditutup di Rp 14.980/US$, melemah 0,23% dari posisi hari sebelumnya.

Sementara di pasar obligasi pemerintah RI atau surat berharga negara (SBN), harganya terpantau melemah dan imbal hasil (yield) SBN mengalami kenaikan sepanjang pekan lalu, menandakan bahwa investor cenderung melepasnya.

Mengacu pada data Refinitiv, SBN bertenor 10 yang merupakan SBN acuan melonjak 9,3 basis poin (bp) menjadi 6,727% per Jumat pekan lalu, dari sebelumnya pada Jumat pekan sebelumnya di level 6,634%.

Baca:

Ekonomi Amerika Masih Melaju Kencang, Berkah Apa Musibah?

Yield berlawanan arah dari harga, sehingga naiknya yield menunjukkan harga obligasi yang sedang melemah, demikian juga sebaliknya. Satuan penghitungan basis poin setara dengan 1/100 dari 1%.

Pekan lalu, kabar baik datang dari Eropa. Survei terbaru menunjukkan Eropa bisa menghindari resesi di tahun ini. Semua berkat penurunan harga energi serta pembukaan kembali perekonomian China.

Survei yang dilakukan oleh Consensus Economics menunjukkan Eropa diperkirakan akan mampu mencatat pertumbuhan 0,1% pada tahun ini.

Gubernur bank sentral Eropa (European Central Bank/ECB) dalam World Economic Forum (WEF) di Davos pekan lalu juga mengatakan wajah perekonomian Eropa saat ini jauh lebih bagus, tidak seperti yang ditakutkan sebelumnya.

Hal tersebut membuat sentimen pelaku pasar membaik, dan bisa menguntungkan rupiah sebagai aset emerging market. Tak hanya rupiah, hal ini juga menjadi sentimen positif bagi IHSG.

Selain itu, pelaku pasar juga menanti kepastian kenaikan suku bunga bank sentral AS (Federal Reserve/The Fed) pekan ini. Pasar memprediksi The Fed akan menaikkan suku bunga 25 basis poin, lebih rendah dari ekspektasi sebelumnya 50 basis poin.

Kemudian, ekonomi AS pada kuartal IV-2022 yang dilaporkan tumbuh positif yakni 2,9% dan lebih tinggi dari ekspektasi 2,6% juga menjadi sentimen positif bagi IHSG dan rupiah.

Dengan pertumbuhan ekonomi yang masih kuat, begitu juga dengan pasar tenaga kerja ada kemungkinan The Fed masih tetap agresif menaikkan suku bunga 50 basis poin pada pekan ini. Meski, pasar masih berekspektasi The Fed akan menaikkan 25 basis poin.

Pelaku pasar pun akan menunggu kepastiannya, sehingga rupiah masih akan cenderung naik turun dengan kecenderungan melemah sebab melihat posisinya saat ini di level terkuat 3 bulan.

Baca:

Simak Pergerakan IHSG Sepekan, Seperti Huruf “V”

Sementara itu di SBN, meski terlihat investor melepasnya, tetapi investor asing masih cenderung memburunya. Berdasarkan data dari Bank Indonesia (BI), sepanjang pekan lalu, asing mencatatkan net buy atau inflow di SBN sebesar Rp 3,63 triliun. Adapun sepanjang Januari 2023, asing juga masih mencatatkan inflow di SBN sebesar Rp 48,08 triliun.

Sementara berdasarkan data dari Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan, pada periode 2 Januari hingga 27 Januari, asing mencatatkan inflow sebesar Rp 47,4 triliun dan sepanjang pekan lalu, asing juga masih memburu SBN sebesar Rp 5,27 triliun.

GoTo Buka Suara soal Pencurian Data Konsumen

0
INFOGRAFIS, Hacker Paling Terkenal Sepanjang Masa

Jakarta, CNBC Indonesia – Induk perusahaan layanan manajemen password LastPass, GoTo, mengungkapkan adanya pencurian data pelanggan cadangan. Kejadian ini terkait pelanggaran keamanan pada tahun lalu.

Sebagai catatan, GoTo dalam kasus ini adalah layanan software B2B yang berpusat di Boston, Amerika Serikat. Meski namanya sama, perusahaan ini tidak ada hubungannya dengan GoTo yang bergerak di Indonesia.

Pelanggaran GoTo memungkinkan peretas bisa mengakses beberapa informasi pelanggan yang disimpan dalam layanan cloud pihak ketiga dan dibagikan LastPass serta GoTo.

Pilihan Redaksi
  • Valuasi Startup ‘Pembunuh’ Zara dan H&M Anjlok Rp 544 Triliun
  • Mafia Gojek di Mana-Mana, Ini 7 Startup Milik ‘Alumni Blok-M’
  • Match di Bumble tapi Bingung Buka Obrolan, Ini Solusi Netflix

Cnet mencatat data perusahaan dicuri bulan Agustus dan digunakan lagi pada November untuk membobol data lain dari LastPass. Pada kejadian terakhir, pembobolan dilakukan untuk mendapatkan data yang tidak terenkripsi seperti nama, email dan alamat penagihan, nomor telepon serta alamat IP.

Perusahaan menjelaskan tidak ada data kartu kredit tidak terenskripsi yang terungkap dalam kejadian tersebut, dikutip dari Cnet, Rabu (25/1/2023).

Dalam keterangan terbarunya, GoTo menjelaskan ada sejumlah produk perusahaan lain yang terpengaruh. Termasuk adalah cadangan pelanggan yang terenskripsi seperti salinan pemulihan darurat data untuk Central, Pro, join.me, Hamachi dan RemotelyAnywhere.

Menurut perusahaan, mereka juga telah mengantongi bukti kunci enkripsi yang digunakan untuk mengamankan data beberapa penggunanya yang telah dicuri.

CEO GoTo, Paddy Srinivasan, mengatakan data yang terdampak termasuk nama pengguna akun, password, sebagian dari multi-factor authentication (MFA), dan juga informasi pengaturan produk dan informasi lisensi.

“Meski database terenskripsi, Rescue dan GoToMyPC tidak diekstrasi, pengaturan MFA dari sebagian kecil konsumen terdampak,” jelasnya.

Menurutnya, GoTo meyakini tidak ada produk perusahaan lain yang terdampak peretasan. Pihak perusahaan juga telah memberitahu mereka yang mungkin menjadi korban dalam kejadian tersebut.


Ada Skandal Pajak, PM Inggris Pecat Petinggi Partai Ini

0
NUSA DUA, INDONESIA - NOVEMBER 15: Britain's Prime Minister Rishi Sunak attends a working session on food and energy security during the G20 Summit on November 15, 2022 in Nusa Dua, Indonesia. The new British Prime Minister aims to articulate his foreign policy vision here while grappling with economic instability at home. (Photo by Leon Neal/Getty Images)

Jakarta, CNBC Indonesia – Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak memecat Ketua Partai Konservatif Nadhim Zahawi dari pemerintahan pada Minggu (29/1/2023). Pemecatan ini dilakukan setelah penyelidikan atas pajaknya menemukan pelanggaran serius terhadap kode etik menteri.

Sebelumnya, PM Sunak telah memerintahkan penasihat independen untuk menyelidiki urusan pajak Zahawi, yang pernah menjabat sebagai menteri keuangan selama periode kekacauan politik di Inggris tahun lalu.

Zahawi mengatakan otoritas pajak Inggris menilai dia “ceroboh” soal laporan pajaknya. Namun, Zahawi mengaku tidak sengaja membuat kesalahan di mana dia hanya membayar pajak yang nilainya lebih sedikit dari seharusnya.

Baca:

Sri Mulyani Tahu Omongannya Bikin Bulu Kuduk Berdiri

“Menyusul selesainya penyelidikan Penasihat Independen – temuan yang dia bagikan kepada kami berdua – jelas bahwa telah terjadi pelanggaran serius terhadap Kode Etik Menteri,” kata Sunak dalam surat kepada Zahawi.

“Akibatnya, saya memberi tahu Anda tentang keputusan untuk mengeluarkan Anda dari posisi Anda di pemerintahan.”

Penasihat independen Laurie Magnus menemukan bahwa Zahawi mengakali laporan pajaknya pada Juli lalu. 

Bahkan, Zahawi tidak memperbaiki catatan tersebut sampai minggu lalu, ketika dia telah mencapai kesepakatan dengan pihak berwenang.

“Saya menilai keterlambatan mengoreksi pernyataan publik yang tidak benar ini tidak sesuai dengan syarat keterbukaan,” kata Magnus dalam surat kepada Sunak.

Dia menambahkan bahwa Zahawi tidak menujukkan perilaku “jujur, terbuka, dan menjadi pemimpin teladan melalui perilakunya sendiri.”

(hsy/hsy)


Jenderal Bintang Empat: Perang China-Amerika Meletus 2025

0
In this photo released by the Taiwan Presidential Office, ground crew attach a missile to the wing of an F-16 jet fighter at Air Force base during a visit by Taiwanese President Tsai Ing-wen, at a military base in Chiayi, southwestern Taiwan, Friday, Jan. 6, 2023. President Tsai visited a military base Friday to observe drills while rival China protested the passage of a U.S. Navy destroyer through the Taiwan Strait, as tensions between the sides showed no sign of abating in the new year.  (Taiwan Presidential Office via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia – Seorang jenderal Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) bintang empat mengatakan firasatnya mengatakan bahwa Amerika Serikat akan berperang melawan China dalam dua tahun ke depan, atau lebih tepatnya pada 2025 mendatang.

Hal ini disampaikan kepala Komando Mobilitas Udara melalui sebuah memo kepada pimpinan dari sekitar 110.000 anggotanya. Surat tersebut bertanggal 1 Februari tetapi telah dikirim pada Jumat, 27 Januari lalu.

“Saya harap saya salah. Naluri saya mengatakan saya akan bertempur pada 2025,” kata Jenderal Mike Minihan, mengutip Reuters, Minggu (29/1/2023).

Namun pandangan sang jenderal tidak mewakili Pentagon tetapi menunjukkan keprihatinan di tingkat tertinggi militer AS atas kemungkinan upaya China untuk melakukan kontrol terhadap Taiwan, yang diklaim China sebagai wilayahnya.

Pilihan Redaksi
  • Bukan China! Negara Asia Ini Punya Masa Depan Paling Cerah
  • Heboh ‘Jam Kiamat’ Menuju Akhir Waktu, Putin Biang Keroknya!
  • Cara China Curi Teknologi Amerika Terbongkar, Ternyata Begini

Diketahui baik AS dan Taiwan akan mengadakan pemilihan presiden pada tahun 2024, berpotensi menciptakan peluang bagi China untuk mengambil tindakan militer, tulis Minihan.

“Komentar ini tidak mewakili pandangan departemen tentang China,” kata seorang pejabat pertahanan AS.

Awal Januari. Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengatakan sangat meragukan bahwa peningkatan aktivitas militer China di dekat Selat Taiwan adalah tanda invasi segera oleh Beijing ke pulau itu.

Sebagaimana diketahui China telah meningkatkan tekanan diplomatik, militer, dan ekonominya dalam beberapa tahun terakhir di pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu. Pemerintah Taiwan mengatakan menginginkan perdamaian tetapi akan mempertahankan diri jika diserang.

Menanggapi permintaan komentar, Brigadir Jenderal Angkatan Udara Patrick Ryder mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa persaingan militer dengan China merupakan tantangan utama.

“Fokus kami tetap bekerja bersama sekutu dan mitra untuk menjaga Indo-Pasifik yang damai, bebas, dan terbuka,” katanya.

(dem)


Dikasih Tank Minta Rudal, Ukraina Mau ‘Ngebom’ Gudang Rusia

0
Tim penyelamat menggunakan peralatan khusus untuk menyelamatkan orang-orang dari apartemen yang rusak setelah serangan rudal pada (14/1/2023) di Dnipro, Ukraina. (Global Images Ukraine via Getty Images)

Jakarta, CNBC Indonesia – Ukraina dan sekutunya tengah membahas pemberian rudal jarak jauh yang akan digunakan oleh untuk mencegah pengeboman kota Ukraina oleh Rusia.

Pembicaraan antara Ukraina dan sekutu diungkapkan oleh penasihat Presiden Volodymyr Zelensky yang bernama Mykhailo Podolyak kepada stasiun televisi Ukraina.

Reuters melaporkan diskusi ini menambah panjang daftar senjata militer yang berpotensi memperkuat Ukraina melawan tentara Rusia. Sebelumnya, negara barat telah menjanjikan pemberian tank. Ukraina juga telah mengajukan permintaan jet tempur.

“Untuk mengurangi senjata kunci Rusia, yaitu artileri, kami membutuhkan rudal yang bisa menghancurkan gudang senjata mereka,” kata Podolyak kepada jaringan televisi Ukraina, Freedom, dikutip dari Reuters pada Minggu (29/1/2023).

Pilihan Redaksi
  • Investor ‘Panas Dingin’ Tunggu The Fed, Harga Emas Stagnan
  • Heboh ‘Jam Kiamat’ Menuju Akhir Waktu, Putin Biang Keroknya!
  • Rasmus Paludan Mau Bakar Al-Qur’an Tiap Jumat, Ini Alasannya

Ia mengatakan bahwa ada sekitar 100 gudang artileri milik Rusia di Semenanjung Crimea yang kini dikuasai oleh Rusia.

“Karena itu, negosiasi [soal rudal jarak jauh] sedang berjalan. Negosiasi ini kini dipercepat,” kata Podolyak.

Berbicara terpisah, Zelenskiy mengatakan bahwa Ukraina ingin mencegah serangan Rusia berikutnya ke area perkotaan yang berdampak ke penduduk sipil.

“Ukraina membutuhkan rudal jarak jauh untuk mencegah penjajah menggunakan rudal mereka untuk menghancurkan kota Ukraina dari jauh,” katanya.

Zelenskiy mengatakan bahwa Ukraina membutuhkan rudah ATACMS buatan Amerika Serikat yang memiliki jangkauan 297 kilometer. AS sampai saat ini masih menolak memberikan akses ke senjata tersebut.

Sementara itu, angkatan udara Ukraina membantah laporan yang menyatakan bahwa mereka akan mendapatkan 24 jet tempur dari negara sekutu.

El Pais, media Spanyol, sebelumnya mengutip pernyataan juru bicara angkatan udara Ukraina Yuri Ihnat tentang permintaan dua skuadron F-16 buatan Lockheed Martin. Kepada Babel, Ihnat menyatakan komentarnya disalahartikan.

“Ukraina baru ada di tahap negosiasi. Model jet tempur dan jumlahnya masih dibahas,” kata Ihnat.

Ihnat menyatakan F16 adalah pilihan terbaik sebagai pengganti alutsista peninggalan Uni Soviet yang kini dipakai oleh pasukan Ukraina.

(dem)


Kantor Hantu Bertebaran di Jakarta, Ini Lokasinya

0
Suasana gedung perkantoran di Jakarta, Kamis (20/9/2018). Lembaga riset properti Colliers International Indonesia dalam laporannya menyebutkan ada 500.000 ribu square meter lahan perkantoran baru yang siap disewakan di Jakarta hingga akhir 2018. Di mana 64% di antaranya berada di kawasan sentral bisnis atau Central Business Dictrict (CBD).Sayangnya, naiknya jumlah kantor tidak diikuti dengan kenaikan permintaan. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia – Jakarta kelebihan pasokan ruang kantor untuk para pekerja. Salah satu penyebabnya adalah tingkat okupansi yang rendah, sehingga banyak gedung kantor yang terlihat kosong bagaikan “kantor hantu”.

Melansir Colliers Indonesia, tingkat okupansi atau keterisian ruang kantor di daerah Jakarta khususnya di Central Business District (CBD) hanya sebesar 74,7% di kuartal IV – 2022. Hal tersebut menunjukkan penurunan 1% bila dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Rata-rata okupansi kantor pada wilayah di luar CBD juga tercatat mengalami penurunan sebesar 4,3% menjadi 70,8% di Kuartal IV – 2022 dari kuartal sebelumnya.

Senior Associate Director Research Colliers International Ferry Salanto mengungkapkan alasan dari menurunnya okupansi ruang kantor karena pandemi Covid-19 yang terjadi dua tahun belakangan. Ini membuat ekspansi dari perusahaan banyak yang tertahan.

Pilihan Redaksi
  • Fenomena Mal Sepi Kepung DKI, Juga Ada di Bekasi
  • Terungkap, Asal-usul Fenomena Mal Besar Caplok Mal Kecil
  • 10 Hotel Yang Nyambung Sama Mall, Cocok Buat Staycation

Selain itu banyak bisnis juga yang menunda untuk memperluas ruang kantor untuk menghemat biaya operasional. Juga banyak perusahaan multinasional yang belum memutuskan untuk melakukan perpindahan kantor.

“Satu alasan untuk penurunan rata-rata hunian pada tahun 2022, adalah kurangnya komitmen dari penyewa. Besarnya supply mendatang membuat kecenderungan rata-rata hunian menurun baik dalam maupun luar CBD,” tulis Ferry dalam laporannya, dikutip Minggu (29/1/2023).

Dalam laporannya, Ferry mencatatkan sampai 2025 mendatang setidaknya ada 700 ribu meter persegi suplai ruang kantor baru. Pada tahun 2023 ini diperkirakan ada penambahan 320 ribu meter persegi ruang kantor, dari lima gedung kantor yang selesai dibangun.

Pada tahun 2022 tepatnya di kuartal I juga hanya 2 perkantoran yang telah selesai terbangun. Yakni PNB Tower yang sebelumnya bernama Office One dan Menara BRI. Sehingga total suplai perkantoran di kawasan CBD mencapai 7,04 juta meter persegi.

Ferry melihat permintaan ruang kantor menurun pada akhir 2022 serta melihat adanya isu ketidakpastian ekonomi global di 2023. Sehingga banyak perusahaan yang berhati-hati untuk melakukan relokasi kantor.

“Beberapa rencana ekspansi telah dibatalkan karena penyewa harus merencanakan biaya yang besar di awal. ini berpengaruh pada kondisi keuangan perusahaan,” sebutnya.

Selain itu, pandemi telah mengubah tren kebutuhan kantor. melihat makin populernya model kerja hybrid dengan ruang kantor yang fleksibel.

(dem)


Sri Mulyani Tahu Omongannya Bikin Bulu Kuduk Berdiri

0
Menteri Keuangan Sri Mulyani (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia – Indonesia tercatat memiliki utang sebanyak Rp 7.733,9 triliun per Desember 2022. Besaran tersebut tercatat dalam Kaleidoskop Buku APBN KITA 2022 memiliki rasio utang terhadap PDB sebesar 39,57%.

Jumlah utang Indonesia terekam terus meningkat secara nominal dan rasio utang bila dibandingkan dengan periode November 2022. Namun, jika dibandingkan dengan posisi Desember 2021, rasio utang tersebut turun. Rasio utang per Desember 2021 mencapai 40,74%.

Meskipun turun, besarnya utang pemerintah ini tetap membuat bergidik ngeri. Bahkan nilai Rp 7.733,99 triliun tersebut setara dengan dua kali lipat lebih anggaran belanja negara tahun 2023. Tak pelak hal ini membuat Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati merinding.

Dalam kunjungannya ke UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang, Sri mengungkapkan bahwa anggaran pendapatan dan belanja (APBN) yang diandalkan menjadi instrumen keuangan negara sudah bekerja luar biasa keras dalam 3 tahun terakhir selama pandemi. Kini, APBN harus kembali disehatkan.

Pilihan Redaksi
  • Terkuak, Bandar Kripto Bangkrut FTX Utang ke 6 Kreditur RI
  • Robert Kiyosaki: Nasib, Orang Miskin Makin Sulit Jadi Kaya!
  • Cek Daftar Harta yang Harus Dilaporkan di SPT Pajak Tahunan

Dengan demikian, Sri Mulyani harus menurunkan defisit APBN ke level normal di bawah 3% setelah bekerja keras menjadi shock absorber. Berbicara defisit dan utang tampaknya membuat mantan petinggi Bank Dunia tersebut tidak nyaman.

“Saya ini bicara di universitas Islam, jadi saya tahu kalau bicara defisit dan utang itu langsung bulu kuduknya berdiri,” ujar Sri Mulyani saat memberi sambutan di Ground Breaking Kampus III UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dikutip Minggu (29/1/2022).

Dia menyampaikan bahwa keuangan negara bekerja luar biasa, termasuk menggunakan instrumen utang yang akan dibayar kembali.

Kemenkeu sendiri mengklaim rasio utang terhadap PDB dalam batas aman, wajar, serta terkendali diiringi dengan diversifikasi portofolio yang optimal

Dari total utang Rp 7.733,99 triliun, perinciannya Surat Berharga Negara (SBN) mencapai Rp 6.846,89 triliun dan pinjaman Rp 887,10 triliun.

Berdasarkan jenisnya, utang Pemerintah didominasi oleh instrumen SBN yang mencapai 88,53 persen dari seluruh komposisi utang akhir Desember 2022.

Sementara berdasarkan mata uang, utang pemerintah didominasi oleh mata uang domestik (Rupiah), yaitu 70,75 persen.

“Langkah ini menjadi salah satu tameng pemerintah dalam menghadapi volatilitas yang tinggi pada mata uang asing dan dampaknya terhadap pembayaran kewajiban utang luar negeri,” tegas Kemenkeu.

(dem)


Rasmus Paludan Mau Bakar Alquran Tiap Jumat, Dibisiki Rusia?

0
Far-right politician Rasmus Paludan burns a copy of Kuran in front of a mosque at Noerrebro, in Copenhagen, Denmark, Friday January 27, 2023. Ritzau Scanpix/Olafur Steinar Gestsson via REUTERS    ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY. DENMARK OUT. NO COMMERCIAL OR EDITORIAL SALES IN DENMARK.

Jakarta, CNBC Indonesia – Rasmus Paludan, seorang politisi asal sayap kanan Eropa, kembali menjadi buah bibir publik lantaran aksinya yang membakar Alquran sebagai kitab suci umat muslim di dunia.

Banyak negara mencekam aksi Rasmus tersebut yang membakar Al-Quran. Rasmus rupanya tak hanya sekali membuat geger dunia dalam aksinya. Aksinya yang terbaru ini dilakukan di depan sebuah masjid di Noerrebro, Kopenhagen, Denmark pada Jumat (27/1/2023).

Dia bahkan bersumpah akan menjadikan aksi pembakaran Al-Quran sebagai aksi rutin tiap Jumat. Melansir detikcom, Paludan mengatakan, pembakaran Al-Qur’an ini akan terus dilakukan hingga Swedia dan Finlandia mendapatkan dukungan dari Turki untuk bergabung dengan aliansi militer Pakta Pertahanan Atlantik Utara atau NATO.

“Begitu dia mengizinkan Swedia bergabung NATO, saya berjanji saya tidak akan membakar Al-Quran di luar Kedutaan Besar Turki. Jika sebaliknya, saya akan melakukannya setiap Jumat pukul 14.00 waktu setempat,” ucap Paludan saat berbicara dengan pengeras suara di luar gedung Kedutaan Besar Turki, dilansir detikcom, dikutip Minggu (29/1/2023).

Pilihan Redaksi
  • Buntut Panjang Pembakaran Al-Qur’an, IKEA Cs Bisa Kena Boikot
  • Rusia Dalang di Balik Aksi Pembakaran Al-Qur’an? Ini Faktanya
  • Sering Bakar Al Quran, Siapa Sebenarnya Rasmus Paludan?

Pemimpin partai politik sayap kanan Denmark Garis Keras Stram Kurs itu mengenakan helm pelindung dan dikelilingi oleh polisi anti huru-hara saat pembakaran Al-Qur’an kemarin.

Berdasarkan laporan Aljazeera, aksi Paludan yang telah membakar Al-Quran dalam unjuk rasa di Swedia pada 21 Januari lalu telah menuai kemarahan Turki dan dunia Islam.

Edwin Wagensveid, pemimpin Belanda dari kelompok perlawanan Eropa Melawan Islamisasi Barat (PEGIDA) mengatakan akan segera mengikuti aksi tersebut.

“Segera, akan ada pendaftaran untuk tindakan serupa di beberapa kota. Saatnya menjawab sikap tidak hormat dari Islam dengan sikap tidak hormat,” ujar Wagensveid, dilansir Aljazeera, dikutip Minggu (29/1/2023).

Swedia dan Finlandia tengah berupaya bergabung dengan NATO setelah Rusia menginvasi Ukraina awal tahun lalu. Langkah keduanya menandai pergeseran bersejarah mereka karena sebelumnya memegang kebijakan nonblok.

Namun Swedia dan Finlandia baru bisa diterima jika telah mendapat persetujuan dari seluruh anggota NATO, salah satunya Turki. Usai pembakaran Al-Quran di Stockholm pekan lalu, Presiden Recep Tayyip Erdogan memperingatkan Swedia untuk tidak mengharapkan dukungan Turki untuk bergabung NATO.

Ankara juga menunda tanpa batas waktu pertemuan penting di Brussels untuk membahas keanggotaan Swedia dan Finlandia.

Seperti diketahui, Rasmus Paludan berkewarganegaraan Swedia, Orang ini dikenal sebagai pemimpin partai politik sayap kanan Denmark Garis Keras. Nah, dikutip dari i24 News, aksi Rasmus Paludan ternyata didalangi oleh suatu negara.

Wartawan Swedia Chang Frick dikabarkan telah membayar aktivis sayap kanan Denmark- yang memiliki kewarganegaraan Swedia- Rasmus Paludan untuk membakar Al-Quran di depan umum, dekat kedutaan Turki di Stockholm. Ia disebut berafiliasi dengan saluran berita Kremlin, Russia Today (RT).

“Protes yang berlangsung pada hari Sabtu menyebabkan reaksi di Turki dan menyebabkan Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa Swedia seharusnya tidak mengharapkan dukungan Ankara untuk tawaran keanggotaan NATO,” tulis i24 News dikutip Jumat (27/1/2023).

Secara terperinci, dijelaskan media tersebut, ini terkait biaya permohonan izin demonstrasi Rasmus Paludan. Frick diketahui adalah tokoh yang melakukan pembayaran.

“Paludan membenarkan kepada media bahwa ide membakar Alquran itu diajukan kepadanya oleh Frick. Dia juga menjamin kerusakan yang dialami Paludan akibat protes ini akan ditanggung,” lapor i24 News lagi.

(dem)


Gaji Kepala Desa Bikin Kaget, Ini Perbandingan dengan PNS

0
Aksi unjuk rasa ratusan kepala desa di depan Gedung Parlemen Senayan, Selasa (17/01/2023). Massa menuntut perpanjangan masa jabatan dari enam tahun menjadi sembilan tahun. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia – Belakangan ini publik dikagetkan dengan gaji kepala desa (kades) yang terkuak setelah aksi demo besar-besaran. Demo tersebut dilakukan oleh kades serta perangkat desa yang meminta DPR untuk merevisi masa jabatan kepala desa yang diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Dalam protesnya, para kades itu meminta perpanjangan masa jabatan dari yang sebelumnya 6 tahun menjadi 9 tahun. Bukan tanpa alasan, para kepala desa merasa waktu 6 tahun itu tidak cukup bagi mereka membangun desa yang lebih baik.

Jelas hal ini menjadi kontroversi di masyarakat. Terlebih, waktu 9 tahun ini merupakan waktu yang lama bahkan melebihi jabatan Presiden di Indonesia.

Kehebohan ini lantas menjadi asumsi bagi masyarakat melihat perpanjangan masa jabatan untuk kepentingan pribadi. Lalu, sebenarnya berapa gaji kepala desa beserta perangkatnya?

Pilihan Redaksi
  • Kabar Baik Buat Honorer PNS, November 2023 Tak Semua Dipecat
  • Kabar Terbaru Soal Rencana Pensiun Massal PNS, Jadi 2023?
  • Ironis, Anggaran Kemiskinan Rp 500 T Cuma Buat Rapat di Hotel

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Pusat (PP) Nomor 11 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, telah diatur mengenai besaran gaji kades.

Dalam aturan tersebut tercatat bahwa jika mengacu pada pasal 81 Ayat (2)a kepala desa paling sedikit menerima gaji Rp 2,4 juta atau 120% dari gaji pokok PNS Golongan II/A.

Selain itu, penghasilan tetap yang diterima kepala desa serta perangkat desa ini berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja (APBD) Desa yang bersumber dari Alokasi Dana Desa.

Sementara itu, sekretaris desa menerima gaji paling sedikit yang diterimanya sebesar Rp 2,2 juta atau setara 110% dari gaji pokok Pegawai Negeri Sipil golongan II/a. Terakhir, besaran perangkat desa lainnya paling sedikit Rp 2 juta atau serata dengan 100% dari gaji pokok golongan II/A.

Sebelumnya, Kepala Desa asal Demak, Jawa Tengah, Supriyanto mengatakan periode 6 tahun terlalu singkat karena tiba-tiba pemilihan kades yang baru kembali dilakukan.

“Kalau enam tahun itu belum bisa membangun desa dengan baik, itu sudah ada pencalonan lagi. Kepala desa juga menuntut haknya sama seperti instansi instansi yang lain, ketika kita mencalonkan diri sebagai anggota legislatif atau apa bisa cuti,” ujar Supriyanto.

Presiden Joko Widodo sendiri menanggapi hal ini. Menurutnya, perpanjangan masa jabatan tersebut merupakan aspirasi para kepala desa. Ia pun mempersilahkan para kepala desa untuk menyampaikan aspirasi tersebut kepada DPR.

“Iya yang namanya keinginan, yang namanya aspirasi itu silahkan disampaikan kepada DPR,” ungkap Jokowi.

 

(dem)


25 Negara Ini Diprediksi Bangkrut Menyusul Sri Lanka

0
Para pengunjuk rasa berpartisipasi dalam protes anti-pemerintah di tengah krisis ekonomi di Kolombo Pada 02 November 2022. (Photo by ISHARA S. KODIKARA/AFP via Getty Images)

Jakarta, CNBC Indonesia – Usai pandemi, kini dunia masih harus menghadapi tantangan ekonomi dan geopolitik global yang belum menemukan titik terangnya. Hal itu bedampak pada sejumlah negara yang berpotensi mengalami kebangkrutan.

Melansir dari laporan AP, penyebab krisis ekonomi yang dihadapi setiap negara berbeda antara satu dengan yang lainnya. Namun, secara global, faktor utama penyebab keterpurukan ekonomi negara adalah inflasi yang melambung tinggi.

Ketika inflasi menanjak, maka daya beli masyarakat akan tergerus yang akhirnya berdampak pada pertumbuhan ekonomi.


@import url(“https://cdnstatic.detik.com/live/_rmbassets/2022/parallax/parallax.css”);

Baca:

BI Checking Sudah Ganti, Ini 4 Cara Cek Skor Kredit Sendiri

Di Sri Lanka, inflasi tercatat meroket 54,6% year-on-year (yoy), menjadi rekor tertinggi sepanjang sejarah. Tingginya inflasi berawal dari pandemi penyakit akibat virus corona (Covid-19) melanda.

Saat itu, perekonomian global nyaris berhenti total, sebab banyak negara menerapkan kebijakan lockdown. Ketika vaksinasi sudah gencar dilakukan dan penambahan kasus baru menurun drastis, lockdown dicabut, pembatasan sosial tidak lagi ketat, kehidupan masyarakat perlahan kembali normal.

Alhasil, demand menjadi meningkat, sayangnya belum mampu diimbangi dengan supply. Hukum ekonomi pun bekerja, ketika demand lebih tinggi dari supply, maka inflasi pun terjadi.

Hal ini diperparah dengan perang Rusia dengan Ukraina. Sanksi yang diberikan Amerika Serikat dan Sekutu ke Rusia membuat harga minyak mentah melambung, begitu juga dengan gas alam dan batu bara. Krisis energi pun melanda, yang membuat inflasi semakin meninggi.

Baca:

10 Jurusan Kuliah Ini Bikin Mahasiswa Menyesal Setelah Lulus

Akibat situasi tersebut, Bank Dunia bahkan sempat memberi peringatan terhadap sejumlah negara yang berpotensi mengalami kebangkrutan seperti Sri Lanka.

Dalam laporan Crisis Response Group PBB, pekan lalu, setidaknya ada sembilan negara yang disebut berpotensi bernasib sama seperti Negeri Ceylon. Di antaranya, Afganistan, Argentina, Mesir, Laos, Lebanon, Myanmar, Pakistan, Turki dan Zimbabwe.

Sementara, terdapat setidaknya 25 negara di dunia yang terancam bangkrut. Daftar tersebut terungkap dalam sebuah survei yang dilakukan oleh lembaga kajian ekonomi, Visual Capitalist.

Baca:

Sri Mulyani Tahu Omongannya Bikin Bulu Kuduk Berdiri

Sebanyak 25 negara yang terancam bangkrut tersebut berasal dari data-data empat metrik penghitungan, yaitu imbal hasil obligasi pemerintah, credit default swap (CDS) 5 tahun, beban bunga sebagai persentase dari produk domestik bruto (PDB), serta utang pemerintah sebagai persentase dari PDB.

Berikut daftar 25 negara yang terancam bangkrut tersebut:

1. El Salvador

2. Ghana

3. Tunisia

4. Pakistan

5. Mesir

6. Kenya

7. Argentina

8. Ukraina

9. Bahrain

10. Namibia

11. Brasil

12. Angola

13. Senegal

14. Rwanda

15. Afrika Selatan

16. Costa Rika

17. Gabon

18. Morocco

19. Ekuador

20. Turki

21. Republik Dominika

22. Ethiopia

23. Colombia

24. Nigeria

25. Meksiko

(hsy/hsy)